5 Alasan Utama memilih Konstruksi rumah tinggal

Terkadang dalam memilih rumah, beberapa diantara kita dipusingkan pada pilihan membangun rumah baru atau membeli rumah yang sudah jadi. Dinilai dari segala aspek, 2 opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi efisiensi waktu membeli rumah yang sudah jadi menjadi pilihan yang tepat namun dengan resiko tata letak ruangan, dan segala aspek didalamnya harus diterima apa adanya, selain itu dalam beberapa kasus membeli rumah yang sudah jadi relatif lebih mahal dibanding membangun sendiri. Membeli rumah yang sudah jadi idealnya lebih cocok bagi keluarga baru yang butuh tempat tinggal sesegera mungkin

Bagi mereka yang lebih ingin mengefektifkan kondisi rumah mereka sesuai dengan kebutuhan guna meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan, membangun rumah menjadi pilihan yang paling menguntungkan, hanya saja yang perlu diingat bahwa dalam membangun rumah tidak semudah membeli rumah yang telah jadi. Ada begitu banyak perijinan yang harus diurus, mulai dari surat kepemilikan lahan, IMB, dan proses pengadaan bahan bangunan serta konstruksi yang memakan waktu sangat lama.

Bagaimanapun, membangun rumah sendiri relatif lebih memuaskan ketimbang membeli rumah dengan desain yang belum tentu sesuai dengan keinginan kita. Sebagai referensi, berikut 5 pertimbangan umum sebelum mengambil tindakan kostruksi rumah.

  1. Lokasi

Lokasi dalam hal ini terkait dengan aspek luar rumah, termasuk lingkungan hidup, lingkungan masyarakat dan sarana prasarana. Opsi membangun rumah akan lebih memudahkan anda untuk memilih lokasi yang ideal untuk anda, akan lebih baik jika anda menemukan lokasi perumahan di pinggiran kota dengan akses yang cukup memadai, karena harganya yang relatif lebih murah.

  1. Desain

Selain lokasi yang bisa kita sesuaikan dengan mudah, desain yag diinginkan di dalam rumah akan dapat dengan mudah anda atur sesuai kebutuhan. Seperti luas halaman yang dapat anda sesuaikan, jumlah kamar, posisi dapur, luas ruang keluarga, dll. Intinya membangun rumah artinya anda dapat menyesuaikan rumah yang akan ada bangun sesuai keinginan anda.

  1. Minimalisir biaya

Dengan membangun rumah, anda dapat mengawasi pembangunan rumah sendiri atau dengan bantuan orang kepercayaan. Mengawasi pembangunan rumah dari awal sampai akhr akan meminimalisir kerusakan dan kesalahan yang timbul kemudian saat rumah telah selesai. Anda dapat memilih material yag berkualitas untuk digunakan dirumah anda, seperti material beton dengan kualitas terbaik, jenis cat yang tahan lama, lantai yang kedap air dan kuat, dll.

  1. Sanitasi dan saluran air

Saluran air menjadi salah satu masalah paling vital dalam konstruksi rumah. Jika anda membeli rumah yang sudah jadi, adan mungkin tidak akan tahu dari mana sumber air keran anda berasal atau kemana air pembuangan anda berakhir, bisa saja air keran anda telah terkontaminasi dengan air kloset sisa pembuangan anda atau orang lain.

  1. Kebersihan

Kebersihan juga menjadi pertimbangan besar dalam memilih rumah yang akan ditinggali. Rumah tentulah harus nyaman dan sehat, membangun rumah sendiri akan akan dapat lebih memastikan kebersihan lingkungan rumah anda seperti sanitasi, tempat pembakaran sampah. Meski perbedaan tidak terlalu kentara dibandingkan dengan langsung membeli rumah baru, namun dalam beberapa kasus tingkat kebersihan lingkungan rumah yang dibangun massal seperti diperumahan akan terasa kurang memuaskan dibandingkan rumah yang dibangun sendiri.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *